Permen ternyata bukan penyebab utama gigi berlubang! - Target Tuntas Online
Breaking News :

Senin, 11 Februari 2013

Permen ternyata bukan penyebab utama gigi berlubang!

TARGET TUNTAS, Saat masih kecil, orang tua selalu mengingatkan agar kita tidak makan banyak permen karena itu bisa membuat gigi rusak. Namun ternyata permen bukan penyebab utama dari gigi berlubang. Lantas apa? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari She Knows berikut.
Jangan ngemil iniMusuh utama gigi bukan permen, tetapi camilan yang rasanya asin. Bagaimana bisa? Rupanya camilan asin lebih buruk efeknya daripada permen bagi gigi karena sifatnya yang mengandung banyak zat tepung dan diawetkan. Banyak orang tidak sadar kalau makanan olahan yang rasanya asin mampu meningkatkan indeks glikemik dan menyebabkan gigi berlubang.
Proses penyebab gigi berlubangSaat seseorang terbiasa makan camilan yang rasanya asin, bakteri dalam mulut langsung berkembang biak dua kali lipat daripada biasanya. Terutama jika camilan asin tersebut terasa lengket dan menempel di gigi. Bakteri akan 'panen' besar-besaran dan menghancurkan gigi perlahan-lahan.
Dampak jangka panjangSama seperti organisme yang lain, bakteri butuh makan agar bisa berkembang biak dan mengeluarkan sisa makanannya. Sisa makanan bakteri itulah yang membuat napas menjadi tidak sedap dan gigi berlubang. Memang makan camilan asin sekali atau dua kali tidak akan merusak gigi saat itu juga. Namun dalam jangka panjang, gigi akan berlubang jika kebiasaan makan makanan ringan asin tidak dikurangi.
Ganti camilanAnak-anak pun sebaiknya diberi camilan yang lebih menyehatkan daripada makanan ringan yang rasanya asin. Misalnya buah-buahan yang jelas nutrisinya lebih banyak.
Itulah fakta di balik penyebab gigi berlubang. Meskipun demikian, konsumsi permen juga tetap perlu dibatasi. Sebab terlalu banyak makan gula pun buruk bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


 
: TARGET TUNTAS INDONESIA
Copyright © 2013. Target Tuntas Online - All Rights Reserved / Email : targettuntasonline@yahoo.com
DESAIN TARGET TUNTAS
Spesialis Pimred
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...